27 Jul 2009

KALORI BERLEBIH MERUSAK OTAK

Nasehat Rosulullah SAW, " Makanlah dikala lapar dan berhentilah sebelum kenyang". Nasehat Rosulullah SAW tentang makan menyiratkan adanya bahaya tersembunyi jika makan terlalu kenyang. Salah satu akibat makan terlalu kenyang adalah kerusakan otak. Kerusakan otak inilah yang menyulut rangkaian gangguan kesehatan lainnya, seperti diabetes, penyakit jantung, kegemukan dan penyakit lainnya. Setidaknya inilah hasil dari beberapa peneliti di Amerika yang dilaporkan jurnal Cell.
" Terlalu banyak makan akan mengaktifkan sistim kekebalan tubuh yang biasanya tak aktif di otak, dan mengerahkan sel kekebalan untuk menyerang dan merusak penyerang yang tak ada di sana,"kata Dongsheng Cai dari University of Wisconsin Madison dan rekan - rekannya.

Cai dan rekan - rekannya berkonsentrasi pada zat yang disebut IKKbeta/NK-KappaB.
Zat ini dimanfaatkan sel-sel kekebalan tubuh seperti macrophages dan leucocytes.Tapi zat ini juga terdapat didalam otak, tepatnya di bagian hypothalamus, namun dalam kondisi tidak aktif. Hypothalamus adalah bagian otak yang menjadi pusat pengendalian energi. Mereka melakukan percobaan pada tikus. Ketika tikus diberi makanan berkadar lemak tinggi, maka zat IKKbetaNK/NK-KappaB menjadi sangat aktif. Dan ketika zat tersebut aktif badan mengabaikan isyarat dari "leptin", hormon yang biasanya membantu mengatur nafsu makan dan insulin yang membantu mengubah makanan menjadi energi. Akibatnya tikus makan lebih banyak.

Sebaliknya, ketika IKKbeta/NK-KappaB ditekan sehingga tidak aktif, tikus makan lebih sedikit. Inilah yang dianggap tim Cai sebagai kunci utama berbagai macam penyakit yang disebabkan makan berlebihan."Hyphothalamik IKKbeta/NF-KappaB dapat mendasari seluruh kelompok penyakit modern yang disebabkan oleh kelebihan gizi dan kegemukan" tulis timnya. Nah agar zat tersebut tidak selalu aktif, maka kuncinya adalah tidak terlalu banyak makan.Makan cukup sekedar menambah energi bagi tubuh. Insya Allah, kita terhindar dari kegemukan dan berbagai penyakit yang menyertainya.****antara****

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar