12 Apr 2009

TELKOM SIAP AKUISISI OPERATOR CDMA

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk ( Telkom ) melalui divisi usahanya Telkom Flexi membuka diri untuk menerima proposal penawaran akuisisi terhadap operator telepon berbasis code division multiple access ( CDMA ) lainnya.


Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah mengatakan divisi tersebut juga merupakan persiapan menuju konsolidasi pasar.Operator Telekomunikasi di Indonesia terlalu banyak, padahal di banyak negara jumlahnya kian berkurang sebagai hasil konsolidasi antar operator.

Di China operator Telekomunikasi hanya tiga, India ada enam hingga tujuh perusahaan sedangkan ditanah air ada 10-11 perusahaan.

Menurut dia dengan karakteristik bisnis telekomunikasi yang padat modal karena memerlukan pembangunan infrastruktur dan spektrum frekuensi yang terbatas, idealnya hanya ada 5 atau 6 operator sedangkan untuk CDMA idealnya satu saja. Hal ini karena industri telekomunikasi didominasi oleh GSM dan total pangsa pasar CDMA di dunia hanya 20 %.

"Kami tidak dalam posisi agresif untuk membeli operator CDMA lainnya. Namun, kami terbuka meskipun sampai saat ini belum ada proposal penawaran ( untuk berkonsolidasi dengan flexi ). Selama itu cocok dan bagus kenapa tidak?"ujarnya saat berkunjung keredaksi Bisnis Indonesia kemarin.

Referensi Bisnis Indonesia 7 April 2009

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar